Pages

Monday, April 22, 2013

Pengalamanku : Benci Banget Bahasa Inggris jadi Suka Banget



 Ngomongin soal bahasa inggris nih sobat, bahasa Inggris itu dulu adalah mata pelajaran yang paliiiiiiiinggggggg aku benci, ya benci banget banget n banget,,,ga tau kenapa gitu mungkin karena aku pikir dulu ribet ya??? apa lagi waktu pertama kali liat daftar mata pelajaran or roster kami yang dibagi ketua kelas waktu itu "bahasa inggris" the first subject (soalnya waktu SD dulu di sekolahku blm belajar bahasa inggris sobat) ,.,duh bakal ribet nih (pikir ku dalam hati).

Trus nih sobat, gurunya masuk masih inget aku, tapi bukan guru bahasa inggris karna waktu itu guru bahasa inggris di skolah ku tepatnya di SMP Negeri 1 Bandar lagi cuti hamil n melahirkan, jadilah yang masuk guru salju (salah jurusan hoho) hanya ngasi arahan topik mana yang mau dipelajari, suru ngartiin dengan liat kamus n suru baca2,.,(hadduuhh capek deh,,) udah yang akunya benci banget ama bahasa yang ga pernah aku dengar n bukan bahasa asliku, ditambah lagi waktu mau belajar ga ada yang bisa ngajari,.,.begitu nih sobat sampe akhirnya aku pindah skul karna waktu kls 2 SMP karna sesuatu hal jadinya aku skul di skolah swasta padahal modal bahasa inggrisku selama setahun belajar di SMP Negeri 1 cuma ngapalin subject dlm bahasa inggris,yupz that's it sobat. Trus aku lihat tuh sobat bahasa inggris ada 3 SKS eh salah maksud ku 3 les belum lagi ada mata pelajaran conversation (bingung ni pelajaran apa lagi, pkir ku).,.jreng jreng stelah perkenalan anak baru trus masuk lah mata pelajaran yang paling aku benci, ya bahasa inggris (oohh tahe) :(
Nama guruku waktu itu Pak Nainggolan, orangnya handsome, uda tua sih, tegas banget, pinter pastinya n paling disegani di skul waktu itu,.,beliau langsung bilang "ya, sekarang kita masuk ke Tenses bagian Past Tense lanjutan dari materi kls 1 waktu itu ya, tapi sebelumnya bapa mau tes siapa yang masih hafal doa dlm bahasa inggris yang bapa kasi waktu itu" !!!
Dengan sangat kaget nih sobat, aq asli bener2 bingung "ngomong opo toh bapa iki, ora' ngertos aku" pikir ku dlm hati, aku tanya2 teman sebangku ku (kebetulan dia yg lumayan agak pinter disitu) trus dijelasin ternyata aku udah ketinggalan jauh banget sobat :( (oowhh so sad banget prasaan ku waktu tu, komplit banget deh oon ku dlm bahasa inggris)
Trus Pak Nainggolan tu nanya ama ku "kamu anak baru coba sebutkan apa yg uda kamu pelajari disekolahmu terdahulu" katanya ,.,.aku diem aja, trus ditanya lagi "uda belajar tenses kan, uda sampe mana???" (dalam hati aku berkata : aih mampus aku pie iki)

Gitu deh terus berlanjut sampe akhirnya Beliau menyimpulkan bahwa otakku blank dlm bhasa inggris, tapi aku inget bapa itu pernah bilang gini "percuma kamu pinter mata pelajaran lain, kamu cepat nangkep tapi knp dlm bahasa inggris u don't know anything???" OMG malu banget sobat sumpah deh baru kali itu aku merasa kayak dipermaluin di hadapan jutaan orang di planet ini :(

Singkat crita, waktu itu ada temen satu kls ku paling pinter lah dlm bahasa inggris, dia seneng banget ama lagu barat, dia bilang dia suka pelajaran bahasa inggris karna suka ama lagu barat n dia bisa bljr lagu lirik2 lagu barat tu,.,.trus dia nyodorin CD samaku aku inget waktu itu CD yang berjudul "WESTLIFE the Cost to Cost Album" (Album barunya westlife tahun 2004 dulu waktu aku kls 2 SMP)
Trus langsung aku tolak tanpa liat2 n basa-basi karna liat kalimat bahasa inggris aja aku uda muak banget sobat.,.tapi dia maksa gitu, dia bilang "cobain deh San U dengar ni lagu westlife, keren banget loh cocok bgt buat kita2 apalagi nih personilnya ganteng2 lagian ntar kalo u da hapal lagunya kita bisa duet nyanyiinnya"
Trus setelah dibujuk2 gitu beberapa hari akhirnya aku pun nrima tu CD n berniat masangnya di DVD Player kami (kebetulan kan aku suka nyanyi tu jd yah gpp lah ecek2nya trial n error gitu hehehe)

Tadaaaa pertama kali lagu yang aku puter n dengar itu adalah lagu yg berjudul "SOLEDAD" pertama dengar lagunya nih apalagi alunan musik pertama itu tuh astaga nyentuh n kena banget ke hatiku sobat (meskipun aku ga ngerti sama sekali artinya hehe) tapi dari cara si westlife ini nyanyiin n aura musiknya tuh aku tau banget kalo lagu ini lagu sedih lagu tentang patah hati (kan benner sih coba deh artiin sendiri).,.
Finally satu persatu lagu yang ada di CD itu aku dengerin n tanpa terasa uda 3 hari lagu tu tiap ari itu2 aja yang aku puterin n dengar (ga pas lagi masak, beres2 rumah, ngerjain tugas, belajar, baca, n semua deh pasti sambil dengerin lagu tu) alhasil ya tanpa disengaja akupun jadi hafal semua nada2 di lagu itu skalian sama liriknya dikit2 meskipun bersalahan. 

Tau ga sobat, entah kenapa lama2 aku jadi suka banget semua lagu2 itu, apa lagi personil westlife yang guanteng2 banget itu, first sight sih emang jujur aku uda ngakuin mreka ganteng2 tapi makin lama kok makin ganteng ya,,gitu deh trus sampe pada akhirnya aku nekat buangetttt buat pelajari tuh semua lagu n pelajari arti2 liriknya (kan agak lucu kita nyanyiin lagu dengan penuh penghayatan n feeling tapi ga ngerti artinya hohoh) makanya aku tulis deh semua lirik lagu tu (disetiap lagu ada liriknya disediaan di CD).

Setelah aku tulis trus aku niat banget buat artiin sendiri dari kamus trus kalo ga ada di kamus aku tanya guru ya masih ancur banget lah hasil translate nya tp point nya agak2 dapet kok hehhe

dari NIAT ku yang bener2 menggebu2 waktu itu (karna makin lama aku makin ngefans banget ama westlife) aku pun berniat untuk bisa bahasa inggris harus bisa ngomong inglis (begitu pikirku) biar ntr kalo ketemu westlife bisa ngomong ama mreka ;)
Trus kau pelajari kembali pelajaran bahasa inggris dari kelas 1 (aku pinjem catetan tmn ku yang pinter tadi) aku bahas trus kalo ada yg ga ngerti aku tanya guru (finally guru bahasa inggrisku wkt itu nyadar juga kalo aku uda mulai bangkit n pengen bgt pinter bahasa inggris). Beliau nyaranin aku buat kursus n beli buku2 conversation buat belajar percakapan bahasa inggris awal.,.waktu itu aku ga kursus (karna keterbatasan ekonomi keluarga) dan lagi tempat kursus jauh banget dr tempat tinggalku. Ku putuskan untuk membeli buku-buku grammar n conversation terutama. Aku pelajari tuh sobat smuanya tapi yang paling aku perkuat waktu itu di conversationnya. Karna aku terobsesi banget buat bisa ngomong n akupun ngafalin setiap percakapan2 umum yang biasa diucapkan. Setiap ada kata yang sulit untuk dihapal or kata2 kunci yang penting yg aku temuin aku catat dibuku khususku yang isi 50 halaman kalo ga salah. 

Trik yang pertama sih dalam memulainya yaitu dengan menuliskan pengertian kata demi kata setiap lagu westlife itu dibuku catatan khususku tadi, misalnya :
- Day after Day = Hari demi Hari
- If I Let U Go = Jika kubiarkan Kau Pergi
- Dream = Mimpi
Dst...
Jadi kan kalo aku muter lagu, otomatis lirik lagu yang aku pelajari akan terekam di memoriku sehingga lebih memudahkanku menghafal lirik2 itu :)

Oh iya aku juga nulis tuh setiap hari diselembar kertas minimal 5 Kata yang paling sulit untuk dihafal, aku tempelin di dekat tempat tidurku atau di sebelah cermin (pokoknya ditempat yang paling sering aku temuin deh dirumah n tempat yang nyaman buat ngapalin secara tak sengaja) hehe

Gitu sobat sampe pada akhirnyaa sedikit demi sedikit bisa juga ngomong bahasa inggris dengan bermodalkan vocabulary dari lagu, aku juga pelajari banget loh pronunciation (pelafalan atau cara pengucapan) ampe mau patah deh lidah ini heheh but it's ok lah yang penting aku uda niat banget.

Semakin lama aku semakin suka banget sama lagu2 barat bukan hanya lagu2nya westlife tapi juga lagu2 barat lainnya (BSB, Blue, Bon Jovi, A1) ya setidaknya itu dulu lagu2 favorit ku, aku pelajari semua lirik2 lagu2 itu, disamping itu aku juga pelajari soal grammar ya meskipun hanya sekilas aja (soalnya jujur klo mau tau grammar secara mendalam emang butuh pihak kedua tuh ga bisa main tunggal) hehe ya palingan yang bisa dipelajari n dianalisa sendiri aja yang aku tau, kalo penjelasan dari guru paling hanya dijelasin secara garis besar (so pasti kurang jelas apa lagi waktunya terbatas)

Aku lebih memperdalam Vocabularynya aja (kosa katanya) sama pelafalannya, gimana cara kalo orang barat itu ngomong. Well, gitu trus semakin lama semakin cinta, dari yang awalnya BENCI banget jadi CINTA banget sampe2 kalo dirumah aku suka ngomong sendiri pake bahasa inggris (seolah-olah ada teman ku yang diajak ngobrol hahaha) 

Bahasa Inggris itu dulu adalah mata pelajaran yang paliiiiiiiinggggggg aku benci, ya benci banget banget n banget,,,ga tau kenapa gitu mungkin karena aku pikir dulu ribet ya??? apa lagi waktu pertama kali liat daftar mata pelajaran or roster kami yang dibagi ketua kelas waktu itu "bahasa inggris" the first subject (soalnya waktu SD dulu di sekolahku blm belajar bahasa inggris sobat) ,.,duh bakal ribet nih (pikir ku dalam hati).

Finally nilai tertinggi di raport ku sejak kls 2 SMP adalah nilai bahasa inggris,.,hahhaa kalo kubayang2kan nih sobat, ga nyangka banget bisa gitu, pada hal aku awalnya benci banget sama bahasa inggris. Makanya buat sobat Shantycr7 semua nih kalo membenci sesuatu itu jangan pake BANGET ya bisa jadi kebalikan loh.,.,

Sebenarnya hingga saat ini jujur aku ga pinter2 banget bahasa inggris karna emang aku ga pernah kursus bahasa inggris apalagi tinggal di barat sono.
So guys the point is "WILL" yups intinya adalah "NIAT" sobat.,.,emang nih kalo sobat uda punya niat yang kuat dijamin deh pasti bisa, PASTI itu sobat :) trus jangan pernah nyerah ya brusaha trus !

Kalo ada yang mau ditanya monggo jangan sungkan buat komen atau add aku di twitter atau FB ;)

Oya silahkan sobat Shantycr7 baca nih Cara Pinter Bahasa Inggris Tanpa Harus Les atau Kursus

Babaiiiiiiiiiiiiiiiii Semoga bermanfaat yah,..,;)
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
-->