Pages

Tuesday, July 9, 2013

USU dan Unimed Umumkan Mahasiswa Baru SBMPTN 2013


USU dan Unimed Umumkan Mahasiswa Baru SBMPTN 2013- Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 3.010 mahasiswa baru melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM-PTN) Tahun Akademik (TA) 2013/2014 yang diumumkan semalam.

UPDATE :UNTUK TATA CARA PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA YANG LOLOS/LULUS SBMPTN 2013 bisa baca disiniTata Cara dan Jadwal Daftar Ulang yang Lulus SBMPTN 2013

Secara nasional, hasil SBM-PTN diumumkan sejak pukul 17.00 WIB melalui situs www.sbmptn.or.id. Untuk mengetahui kelulusannya, peserta bisa mengaksesnya dengan memasukkan nomor ujiannya n tanggal lahir peserta.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) SBM-PTN USU, Prof Zulkifli Nasution, melalui Koordinator Bidang Sosialisasi dan Humas, Bisru Hafi Msi, jumlah mahasiswa baru jalur SBM-PTN yang diterima USU ini lebih besar dari yang dialokasikan semula.


Awalnya, universitas ini akan menerima 2.406 mahasiswa jalur ini. Namun, karena banyak peserta yang lulus melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM-PTN) tidak melaporkan dan meninggalkan kursi kosong, maka akhirnya alokasi kursi ini dialihkan ke SBM-PTN.

“Jadi, penambahan jumlah mahasiswa baru yang diterima ini adalah pengalihan alokasi kursi lulusan SNM-PTN yang tidak mendaftar ulang,” jelas Bisru.

Seiring pengumuman tersebut, situs Panitia Pusat SBM-PTN di atas, Senin petang, macet (jammed). Peserta tidak bisa masuk atau mengakses situs ini. Kondisi seperti ini juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kami tidak bisa masuk. Kursor sama sekali tak bisa bergerak,” kata salah satu orangtua di Padang Bulan, Medan, yang ingin mengetahui hasil pengumuman atas nama anaknya, kemarin.


Tatacara pelaporan


Di bagian lain keterangannya, Ketua Panlok SBM-PTN USU ini menjelaskan, peserta yang dinyatakan lulus diharuskan melapor ke Panlok USU. Waktunya ialah pada 26 Juli untuk jurusan Eksakta dan 27 Juli untuk jurusan Non Eksakta. Tempat pelaporan di Pendopo USU pada pukul 08.30-14.00 WIB.

Peserta harus datang sendiri dan tidak boleh diwakili, berpakaian rapi, seperti tidak boleh memakai kaus oblong, sandal, topi, dan cadar. Mereka diharuskan membawa kartu peserta SBMPTN 2013 asli; ijazah asli dan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) dan jika ijazah dan SKHUN belum keluar, dapat membawa surat keterangan lulus (SKL) yang diterbitkan sekolah dengan dilengkapi pasfoto ukuran 3x4.

“Bagi peserta SBMPTN 2013 yang terlambat melakukan pelaporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka kelulusannya dapat dibatalkan,” pungkas Zulkifli mengingatkan.

Unimed


Sementara Universitas Negeri Medan menerima sebanyak 2.113 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dengan jumlah pendaftar sebanyak 15.419 orang.

Ketua SBMPTN Unimed, Prof Khairil Anshari kepada wartawan di ruang kerjanya

Jalan Willem Iskander Medan Estate, Senin (8/7) menyebutkan, dari jumlah tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi yang paling banyak diterima yakni 135 mahasiswa baru, setelah itu Pendidikan Biologi 89.

”Dari 2.113 mahasiswa baru yang diterima 124 diantaranya merupakan beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi (Bidik Misi). Sumut juga masuk kategori 10 besar nilai tertinggi untuk kategori nilai Sosial Humaniora (IPS),” ujarnya.

Prof Khairil menjelaskan, untuk registrasi mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN, kata dia, sudah bisa dilakukan mulai tanggal 22-26 Juli mendatang.

”Apabila nantinya mahasiswa baru tidak mendaftar ulang dengan alasan apapun maka haknya sebagai mahasiswa baru dinyatakan gugur,” pungkasnya

Nah sobat, untuk tata cara n jadwal registrasi mahasiswa baru UNIMED silakan KLIK DISINI

sumber : www.analisadaily.com

Artikel Terkait :

Urutan Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia Periode Juli 2013

Pengumuman Hasil SBMPTN 2013-Daftar Nama-nama yang Lulus SBMPT 2013
Urutan/Peringkat/Rangking 100 Besar Universitas yang Ada di Indonesia

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
-->