Pages

Thursday, August 1, 2013

Tips Aman dan Nyaman Saat Mudik Lebaran 2013


Tips Aman dan Nyaman Saat Mudik Lebaran 2013 - Wah, uda masuk bulan Agustus nih.,.senangnya yang uda punya planning mau jalan-jalan kemana gitu. Iya lah bentar lagi kan lebaran, tanggal 8 kan?? Hmm buat sobat Shantycr7 skalian yang mau mudik silaturahmi ke rumah keluarga khususnya buat yang muslim nih disini aku akan post tips aman dan nyaman secara umum saat akan mudik lebaran. Tapi jangan salah sobat, it’s not just for muslim tapi juga buat sobat Shantycr7 yang non-muslim yang kebetulan akan bepergian bertepatan pada hari raya ini. Yah aku nih contohnya dan juga kebanyakan anak rantau yang ingin pulkam heheh baik itu anak sekolahan atau kuliahan ataupun yang uda kerja (kan pada libur tuh jadinya come back home deh). Aku pribadi kalo dari Medan ke kampung sih di Kerasaan selalu pakai jalur bus (maklum ga ada kendaraan pribadi), kebetulan aku selalu pulkam sekali sebulan maksimalnya so uda otomatis jadi ikut merasakan juga yang namanya mudik tiap tahun selama kuliah karena bertepatan dengan jadwal pulkam ku hehhe.
Well, pastinya dalam perjalanan mudik kita harus tetap fit, jaga kondisi badan supaya waktu sampai ditempat tujuan bisa enakan silaturahminya, bukan malah jadi sakit-sakitan, dan juga tetap menjaga kondisi finansial kita, yah tau sendiri donk kalau yang namanya uda masa-masa lebaran gini tindak kejahatan pun meningkat apalagi alur lalu lintas wah pasti semakin dan semakin tak terkendali. Untuk hal itu, aku ada beberapa tips nih buat sobat Shantycr7 berdasarkan pengalamanku dan juga dari berbagai situs yang kubaca. Here they are :
BERDOA
It’s always number one sobat. Buat seorang Shanty Tindaon dalam melakukan segala hal berdoa is the main point. Ga perlu diajarin kan gimana berdoa hehhe yah untuk tips pertama cukup berdoa yah.,.next..

Sebelum Berangkat ke tempat Tujuan Persiapkan Semua Apa Saja yang akan Dibawakan
Ini penting loh sobat, jangan sepele, jangan waktu akan berangkat baru disitu sobat kucar-kacir mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibawa nanti. Yah boleh sehari sebelum hari keberangkatan atau beberapa jam juga ga apa-apa sih apalalgi kalo sobat orangnya simpel ga ribet. Coba deh ingat-ingat dulu apa yang perlu dibawakan apalgi yang uda direncanakan sebelumnya, bisa-bisa malah itu yang ketinggalan, makanya prepare well deh.

Pagi hari Sebelum Berangkat Usahakan Olahraga terlebih Dahulu
Ini pun sangat penting sobat, for me it is very important. Why? Karena dengan berolahraga dipagi hari maka tubuh kita akan fit dan nyaman sepanjang hari. Percaya deh, buat yang ga biasa olahraga, nah kesempatan ini, ga ada salahnya nyoba tipsku yang satu ini. Ampuh loh, beneran ! apalagi kita bakal seharian tuh duduk diam ga ada aktivitas dalam bus, mobil pribadi, pesawat, kereta api, kapal laut or kendaraan bermotor, makanya biar kondisi badan oke olahraga yah J

Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan
Sobat harus pintar melirik jajanan yang dipinggir jalan, terutama untuk makanan dan minuman rumahan, liat kebersihannya, besih ga, tertutup rapat ga, i think ga perlu yah aku jelasin panjang kali lebar mengenai kualitas suatu makanan kalo diliat dari tempatnya. Menurutku sobat bisa liat sendiri apakah memang makanan itu sudah terjamin kehigienisannya. Ga musti makan ditempat mahal sobat, itupun kan belum tentu sehat juga, ga jaminan menurutku, yang sederha juga it’s oke selagi memang baik untuk dikonsumsi. Pilih jenis makanan sehat yang ga buat kantuk especially buat yang mengendari roda dua tuh. Yang jelas jangan makan yang junk food deh atau punya kadar lemak tinggi. Ga baik untuk kesehatan.

Bawa Bekal Dari Rumah
Buat sobat Shantycr7 yang berencana akan membawa makanan dari rumah nih (kalo aku bilangnya bontot hehe) untuk bekal selama perjalanan, usahakan membawa makanan kering, yah camilan gitu deh kalo mau bawa makanan berat/basah atau makanan utama, harus diperhatikan bahwa makanan yang dibawa tidak dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatannya. Misalnya nasi dll

Lakukan perjalanan malam
Mudik saat malam hari  merupakan pilihan yang mantap sobat, apalagi buat sobat yang rumahnya jauhhhh banget heheh apalagi nih suhu udara kan lebih dingin jadinya perjalanan kita bisa lebih nyaman dan ga kepanasan. Selain itu dengan melakukan perjalanan di malam hari, sobat ga akan terlalu lelah dan tetap segar selama perjalanan karena baru saja berbuka puasa (hehhe ini yang kalo masih dalam kondisi puasa sobat).

Bawa Obat-Obatan Seperlunya/Jika Dibutuhkan
Jangan lupa ya sobat buat bawa obat-obatan sederhana especially nih yang mudah sakit, contohnya obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maag. Jangan sepele sobat khususnya buat sobat yang ga mudik pake kendaraan pribadi musti sediain tuh. Apalagi buat sobat Shantycr7 yang punya penyakit kronis atau penyakit yang memang mengharuskan minum obat, contohnya ni buat penderita penyakit kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi dan asam urat.

Lakukan Perjalanan Mudik Sehabis Puasa
Buat para homecomers nih yang tetap ingin melakukan ibadah puasa, usahakan supaya perjalanan mudik dilakukan sehabis buka puasa. Seperti yang aku jelasin tadi sobat, perjalanan malam lebih menguntungkan. Selain udara yang lebih dingin dan perjalanan yang lebih lengang, kita juga tidak dalam keadaan berpuasa jadinya bisa jajan deh n pastinya bisa terhindar dari dehidrasi, apalagi kalo pake kendaraan kendaraan umum atau pribadi dengan pengaturan udara kendaraan yang kurang baik.

Manfaatkan Waktu Instirahat
Selama perjalanan mudik, manfaatkan tempat-tempat peristirahatan sobat. Contohnya melakukan olahraga ringan dan gerakan relaksasi, khususnya untuk kaki, tangan dan leher (kan pegal tuh seharian duduk aja ga ada gerakan, sumpek lagi especially nih yang pake bus hehe). Manfaatkan juga tempat istirahat untuk buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing, yang bisa berakibat buruk pada infeksi saluran kencing. Dalam kondisi perjalanan yang ga bisa diprediksi, makanya kalo ada kesempatan untuk berhenti di tempat istirahat atau pom bensin, usahakan selalu buang air kecil (BAK). Kejadian infeksi saluran kencing (ISK) dapat terjadi akibat menahan BAK yang seharusnya tidak terjadi. So remember this oce J

Bawa Uang Secukupnya
Haha jadi ingat kemaren waktu aku come back home duitku ketinggalan, bukan hanya duit sobat, ATM ku pun juga tinggal, untung supir angkotnya baek, jadi aku bisa bayar ditempat aku berhenti (suru dijemput ortu). Pokoknya sediain deh duit secukupnya, jangan banyak2 juga tar kena copet loh, kena hipnotis lagi jadi bawa seperlunya aja.

Selalu Waspada Terhadap Tindak Kejatahan
Nah, ini nih paling sering dialami orang yang lagi mudik. Makanya selalu waspada dan jangan terlalu mudah untuk mempercayai setiap perkataan orang. Jangan dengan mudah menerima saran atau ajakan dari orang lain, kita ga tau apa niat mereka sebenarnya, yah bukan berarti berprasangka buruk tapi hanya untuk hati-hati aja, karena zaman sekarang sobat, cukup sulit membedakan mana orang baik dan mana orang jahat, so always be careful

Demikian sobat postinganku yang berisi tips untuk para homecomers nih hehhe semoga bermanfaat yah dan selamat sampai tujuan J

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
-->