Pages

Tuesday, September 10, 2013

Peringkat/Ranking Universitas Terbaik di Dunia 2013/2014 Versi QS Star


Halo sobat Shantycr7 ;)
Hmmm postinganku kali ini masih tentang seputar dunia pendidikan. Tadi baru baca soal hasil pemeringkatan The Best University in the World versi QS Star yang baru diumumkan di situsnya. Uda tau donk QS itu apa? Owh ada yang belum tau ya,,hehhe nih biar kujelaskan sedikit seputar pemeringkatan top universitas di dunia, soalnya setiap kali topik ini jadi pembicaraanku dengan teman-teman, ada sedikit perbedaan informasi yang kami bicarakan soal universitas apa yang terbaik, ada yang bilang Universitas Harvard, Cambridge, dan ada juga yang bilang Oxford. Nah, sebenarnya sistem pemeringkatan universitas terbaik itu sobat bukan hanya dilakukan oleh satu institusi atau organisasi saja, namun ada beberapa organisasi, diantaranya Shanghai Jia Tong University Rankings, Times Higher Education Supplement (THES), Webometrics Ranking of World Universities, International Rankings Expert Group & The Berlin Principles, Global University City Index, 4ICU, World Education News & Reviews (WENR), Academic Ranking of World Universities dan QS World University Ranking. Diantara beberapa organisasi itu yang paling populer dan kabarnya paling terjamin nih keakuratannya adalah QS World University Ranking atau sering disebut QS Star. Sementara tidak sedikit juga yang bilang kalo Webometrics dan 4ICU cukup akurat. Berdasarkan yang kubaca sih, Webometrics dan 4ICU ini lebih menekankan aspek media onlinenya. Artinya bahwa penilaian universitas itu berdasarkan situs universitas yang bersangkutan, jurnal-jurnal ilmiahnya, staff onlinenya dsb, pokoknya yang berhubungan dengan web deh.

Nah, yang ingin kutulis disini adalah pemeringkatan dengan sistem QS World University Ranking, karena sistem ini memang yang paling sering digunakan sebagai acuan universitas-universitas diseluruh dunia agar lebih meningkatkan kualitas universitasnya. QS World University Ranking ini sobat merupakan suatu sistem pemeringkatan yang diluncurkan pada tahun 2004 yang kemudian berkembang menjadi sistem pemeringkatan paling komprehensif di dunia.
Di dalam QS Star ini ada 4 kriteria utama yang diperhitungkan,
yaitu :

1. Research Quality yang menyumbang 60% bobot penilaiannya, meliputi :
a. Academic Peer Review, memiliki bobot yang pal paling besar diantara indikatorindikator lainnya, yaitu 40%. Academic peer review dilakukan dengan menyebarkan angket online kepada 190.000 akademisi yang tersebar di seluruh dunia loh. Untuk menjaga kesesuaian hasil review, maka pembobotan yang digunakan dilakukan dengan menyesuaikan letak geografis serta kesesuaian bidang ilmu antara perguruan tinggi yang direview dengan reviewer.
b. Citation Per Faculty, melihat berapa banyak publikasi paper dari peneliti (professor) di universitas
tersebut dan jumlah citation (kutipan) berdasarkan data dari the Essential Science Indicators
(ESI)

2. Graduate Employability berpengaruh 10%
Penilaian ini sobat, dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan alumni sebuah perguruan tinggi dalam bekerja dan jumlah penghasilan yang diperoleh. Penilaian ini dilakukan melalui survey online yang ditujukan kepada perusahaan yang memperkerjakan lulusan/alumni perguruan tinggi yang dinilai (wah ribet juga yah hehehe) ga jauh beda dengan Academic Per Review, pembobotan Employer Review  juga dilakukan dengan memperhitungkan letak geografis

3. International Outlook bobotnya sebesar 10% dengan anggapan dasar bahwa perguruan tinggi yang world class mengartikan banyaknya mahasiswa asing yang menuntut ilmu, serta tenaga pengajar asing yang bekerja pada perguruan tinggi tersebut. Penilaian terhadap kriteria ini dibagi kedalam 2 indikator,
yaitu: International Studentsnya dan  International Facultynya.

4. Teaching Quality dengan bobot sebesar 20%,  penilaian pada kriteria ini nih dilakukan dengan melihat perbandingan antara tenaga pengajar dengan mahasiswa.

Itu dia sobat, kriteria penilaian QS Star ini, makanya tadi kusebutkan bahwa sistem penilaian ini lebih menekankan aspek kualitasnya, beda sama webometrics dan 4ICU yang lebih menekankan pada aspek media onlinenya.

Well, tibalah saat-saat yang ditunggu, kira-kira tahun ini QS Star menempatkan universitas mana aja yah diurutan-urutan teratas??? Hmmm berikut ini hasilnya :

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT, AS)
2. Harvard University (AS)
3. University of Cambridge (Inggris)
4. University College London (UCL, Inggris)
5. Imperial College London (Inggris)
6. University of Oxford (Inggris)
7. Stanford University (AS)
8. Yale University (AS)
9. University of Chicago (AS)
10. California Institute of Technology (Caltech, AS)
11. Princeton University (AS)
12. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)
13. University of Pennsylvania
14. Columbia University
15. Cornell University
16. Johns Hopkins University
17. University of Edinburgh
18. University of Toronto
19. Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne
20. King's College London (KCL)
21. McGill University
22. University of Michigan
23. Duke University
24. National University of Singapore (NUS)
25. University of California, Berkeley (UCB)

Demikian info terkini buat sobat Shantycr7 mengenai hasil terbaru 25 besar universitas terbaik di dunia versi “QS Star” yang baru diumumkan tadi 10 September 2013 untuk periode 2013/2014.
Bisa kita lihat sobat, Universitas di Amerika dan Inggris yang selalu teratas dalam pemeringkatan ini dari tahun ke tahun, Amerika pasti bangga banget tuh karena berhasil mengambil 60% porsi peringkat terbaru yang dikeluarkan QS Star dari 800 besar top universitas di dunia. Trus bagaimana dengan Asia? Bagaimana dengan Indonesia? Bayangin nih sobat, dalam 25 top universitas terbaik ini, hanya National University of Singapore (NUS) lah yang mewakili “ASIA”. Sementara Universitas yang ada di Indonesia yang mewakili adalah Universitas Indonesia peringkat 273, Universitas Gadjah Mada yang menduduki posisi dikisaran 401-450 dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dikisaran 451-500. Sementara itu, lima perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya yang masuk dalam kelompok 700 besar harus puas di peringkat 601 ketas. Kelima PTN itu adalah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, dan Universitas Brawijaya (UB) Malang. 8 Universitas ini lah sobat yang mewakili Indonesia dalam deretan 800 besar peringkat perguruan tinggi di dunia (universitasku ga masuk hiks,.,hiks.,)

Ya, semoga aja Universitas-universitas Asia semakin naik peringkatnya terutama Universitas yang ada di indonesia ;) karena Asia sudah melakukan pembaharuan besar-besaran untuk lebih meningkatkan kualitas perguruan tingginya :)

Oya sobat jangan lupa baca artikel terkait postinganku ini yah termasuk diantaranya peringkat universitas didunia versi 4ICU disini nih
Peringkat/Ranking Universitas di Dunia Versi 4ICU 2013.
Baca juga ini:
Urutan/Peringkat/Rangking 100 Besar Universitas yang Ada di Indonesia
Urutan Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia Periode Juli 2013
Profile Tentang Universitas Harvard (Universitas Terfavorit di Dunia)
Daftar Nama-nama Orang Indonesia yang Kuliah di Universitas Harvard (Harvard University)

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
-->